Rabu, 25 September 2013

Gadis Miskin Yang Cerdas: Lulus SMU Umur 7 Tahun

Begitu bangga Tej Bahadur mengayuh sepeda untuk menjemput anaknya Sushma Verma pulang, pria berusia 50 tahun itu rela berkorban apapun demi memfasilitasi anaknya bersekolah. Sebagian tanah yang menjadi harta turun temurun dijualnya demi kemajuan putrinya yang begitu cerdas dan apa yang ia korbankan memang tak sia-sia.




Betapa tidak! Sushma Verma telah menyelesaikan sekolah menengah atas diusia 7 tahun, Sushma Verma tumbuh sebagai anak gadis yang pintar. Harinya ia habiskan untuk belajar dan membantu keluarganya yang miskin, kapanpun buku selalu ia bawa untuk dibaca.
Hari-hari SushmaVerma kini begitu padat, waktu luangnya  ia gunakan untuk terus belajar, tak salah bila ia selalu terpilih menjadi siswa pandai di tempatnya belajar. Di India ia pemegang rekor sebagai anak paling muda yang berhasil meneruskan kuliah pada  jenjang master. Sushma kini berusia 13 tahun ia  mahasiswa dalam program ilmu pengetahuan mikrobiologi.

Gadis Miskin Nan Pintar (© AP Photo/Rajesh Kumar Singh)Dukungan orang tua begitu besar, bila ayahnya tak dapat menemani, sang ibu akan menemani belajarnya. Kedua orang tuanya begitu peduli kepadanya, mereka juga selalu bangga dengan apa yang diraih anaknya. Di rumahnya yang miskin ia duduk pada anak tangga. Catatan ilmu biologi ia pelajari saksama tanpa keluhan dan tanpa ratapan. 

Di sudut dapur ia kerap menemani ibunya, memasak atau sekedar bercerita tentang apa yang diperoleh saat belajar.



Dikampusnya yang berada di  Lucknow, India, Sushma Verma  menjadi mentor bagi kawan-kawannya. Ketekunan membawanya menuju jenjang terbaik menggapai luar biasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar