Jumat, 27 September 2013

Pelajar Indonesia Mendapat Penghargaan International Diana Award 2013

Selasa, 17 September 2013
Adeline Tiffani Suwana, salah satu pelajar Indonesia  meraih penghargaan Diana Award sebagai aktifis lingkungan hidup. Penghargaan tersebut diterima oleh Duta Besar T.M. Hamzah Thayeb pada tanggal 17 September 2013 yang kemudian akan diteruskan kepada Adeline melalui Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Inggris di Jakarta. Adeline merupakan peraih Diana Award ke dua di tahun 2013 ini setelah sebelumnya Christy Zakarias meraih penghargaan yang sama pada bulan Mei 2013.


Salah satu kontribusi positif yang dilakukan oleh pelajar SMAK 1 Penabur Jakarta yang berusia 16 tahun ini ybs adalah upayanya mengorganisir sekitar 150 teman sekolahnya untuk menanam mangrove di kawasan pantai Jakarta dan pelestarian koral di perairan Kepulauan Seribu. Adeline, pelajar telah melalui tahap penilaian oleh Yayasan Diana Award dan diniai telah memberikan kontribusi positif yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitarnya.


Kiprah Adeline dalam pelestarian lingkungan ini telah ia mulai sejak tahun 2008 dengan mendirikan perkumpulan Sahabat Alam  dan memotori gerakan peduli alam dan lingkungan di wilayahnya. Adeline bahkan berhasil membuat acara televisi dan merekam lagu-lagu yang bertemakan ajakan pelestarian lingkungan hidup dalam Bahasa Indonesia serta Bahasa Inggris.

Penghargaan Diana Award telah mulai diberikan pada tahun 1999 sebagai penghargaan kepada kalangan muda berusia 9 – 18 tahun yang telah memberikan kontribusi positif kepada komunitas di lingkungannya maupun di dunia internasional.

Para peraih penghargaan Diana Award  akan memperoleh sertifikat penghargaan yang ditandatangani oleh Perdana Menteri David Cameron dan akan menjadi bagian dari Diana Network, sebuah jejaring yang digunakan untuk bekerjasama dalam upaya-upaya perbaikan di lingkungan masing-masing maupun di dunia internasional.

Peraihan penghargaan Diana Award ini telah meningkatkan citra positif Indonesia, terutama dalam peningkatan kerjasama people-to-people contact antara Indonesia dengan Inggris. (Sumber : KBRI London)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar