Sabtu, 05 Oktober 2013

Indonesia - Kanada Komitmen Saling Dukung

Sabtu, 05 Oktober 2013
Memanfaatkan momentum menjelang KTT APEC di Bali, Menlu dari berbagai negara saling berinteraksi. Tak ketinggalan, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Marty Natalegawa dan Menteri Luar Negeri Kanada, John Baird mendiskusikan aneka masalah bilateral dan internasional. Keduanya bahkan sepakat saling memberikan dukungan.

Pada pertemuan siang hari (4/10/13) di wilayah Nusa Dua tersebut, kedua Menteri Luar Negeri membahas mengenai kerja sama yang selama ini dilakukan sambil menggali peluang untuk mengoptimalkan hubungan bilateral kedua negara di masa depan. Pembicaraan akhirnya mengerucut pada bidang penguatan hubungan ekonomi dan peningkatan mekanisme kerja sama yang telah terjalin selama ini, seperti dialog soal HAM dan ekonomi, serta upaya menggali lebih lanjut potensi kerja sama di bidang lain.


Tidak hanya itu, beberapa isu regional dan global yang menjadi perhatian Indonesia dan Kanada juga tidak luput untuk disentuh. Diantara yang menjadi perhatian bersama adalah tentang peran penting APEC sebagai mesin penggerak ekonomi dan pendukung rejim perdagangan dan investasi yang terbuka dimana Indonesia dan Kanada memberikan perhatian yang besar dan berkontribusi secara aktif. Kedua Menteri juga sepakat untuk lebih aktif bekerja sama di forum-forum internasional dan saling memberikan dukungan di berbagai lembaga internasional.

Dalam kondisi yang sangat rileks dan hawa yang relatif panas, kedua Menteri Luar Negeri menyepakati untuk meningkatkan intensitas hubungan kedua Negara dan memberikan pedoman arah kerjasama di masa depan. Hubungan bilateral Indonesia dan Kanada dinilai telah cukup matang untuk dapat dibawa ke tingkat yang lebih tinggi melalui suatu infrastruktur bilateral yang akan dibahas kemudian.

Kedua Menteri sepakat untuk menjajaki lebih lanjut pedoman arah kerja atau rencana aksi guna memberikan guidance bagi peningkatan hubungan bilateral. Hal tersebut akan dibahas pada kesempatan kunjungan Kepala Pemerintahan Kanada dalam waktu dekat. (Sumber : Dit. Amerika Utara dan Tengah/Dit. Infomed/M. Aji Surya/Candra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar