Salah
satu strategi promosi Indonesia di Italia yang patut diacungi jempol
adalah promosi komoditi unggulan dan pariwisata Indonesia pada kendaraan
umum seperti bus dan trem di kota Milan, Italia. "Pemilihan kota Milan
merupakan pilihan yang tepat, karena kota Milan merupakan pusat rujukan
mode dan kota bisnis di Italia," ungkap Duta Besar RI Roma, August
Parengkuan, pada saat pengguntingan pita peresmian promosi Indonesia
pada Trem dan Bus di kota Milan (27/5). Menurutnya, promosi tersebut
tidak hanya akan mempromosikan berbagai produk unggulan dan berbagai
pariwisata Indonesia di Italia, tetapi juga akan dapat mendorong semakin
banyaknya investor Italia untuk berinvestasi di Indonesia.
Agung
Pramudya selaku Ketua Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) di Milan
menerangkan bahwa promosi Indonesia tersebut akan berlangsung selama 6
(enam) bulan ke depan dengan menampilkan berbagai produk unggulan
pertanian Indonesia seperti kelapa sawit, kopi, buah naga, manggis,
rambutan, kelapa, coklat dan berbagai komoditas unggulan lainnya seperti
produk kulit, mutiara, karet, ikan tuna, obat herbal dan kerajian
tangan. Selain itu, promosi juga akan diperkaya oleh berbagai desain
Batik Indonesia. Ia berharap dengan adanya promosi tersebut, akan
semakin mendekatkan masyarakat Italia akan berbagai produk unggulan dan
keindahan pariwisata di Indonesia.
Khusus
untuk promosi pariwisata Indonesia, gambar yang akan ditampilkan adalah
Candi Borobudur, Pulau Komodo, Bunaken, Danau Toba, Rinjani dan
Wakatobi. Hal ini diharapkan akan semakin meningkatkan jumlah turis
Italia yang berkunjung ke Indonesia yang berdasarkan data statistik
terus mengalami peningkatan selama tiga tahun terakhir walaupun
sebenarnya Italia masih dalam tahap pemulihan ekonomi.
Promosi
Indonesia untuk tahap awal ini fokus pada satu bus dan satu trem di
kota Milan terlebih dahulu. Namun jalur yang dipilih adalah jalur
strategis dimana akan melewati salah satu pusat wisata paling penting
dan terkenal di kota Milan yaitu Duomo Milano. Diperkirakan hal ini akan
mengundang perhatian ribuan turis dan pebisnis yang melewati Duomo
Milano setiap harinya. Hal ini ditambah dengan promosi Indonesia yang
juga dipasang pada stasiun kereta api bawah tanah Italia yaitu stasiun
Duomo Milano jalur M1, dimana akan memberikan keleluasaan bagi setiap
penumpang kereta api untuk menikmati berbagai promosi Indonesia sebelum
melanjutkan perjalanan mereka menuju tempat wisata di kota Milan
lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar