Senin, 13 Juni 2016

Diaspora Indonesia Promosikan Budaya Indonesia Di Hannover

Pada tanggal 4 Juni 2016 bertempat di Kulturbüro Südstadt Hannover telah diselenggarakan acara pagelaran budaya Indonesia dengan tema 'Von Südostasien in die Südtstadt: Indonesiasischer Abend' oleh Diaspora Indonesia di Hannover, terdiri dari PPI Hannover, Ibu Aryani Willems Willems-Kriegenburg dari  Saraswati Kultur, kelompok gamelan Jawa Babar Layar dan didukung oleh KJRI Hamburg
.

Acara dihadiri oleh Pejabat Kultubüro Stadt Hannover, Frau Janika Millan dan sekitar 200 orang menyaksikan pertunjukkan khas Indonesia sambil menikmati hidangan khas Indonesia yang disediakan. 

Konsul Jenderal RI Hamburg, Ibu Sylvia Arifin dalam acara tersebut menyampaikan apresiasi kepada pihak penyelenggara dan diaspora Indonesia di Hannover yang telah menyelenggarakan acara budaya pada malam itu, termasuk partisipasi Kelompok Gamelan Jawa Babar Layar. Disampaikan bahwa pagelaran tersebut merupakan suatu ajang penting yang membawa pesan baik hubungan Indonesia dengan Niedersachsen terutama Hannover dalam meningkatkan hubungan kerja sama Indonesia – Jerman.

Para penonton yang terdiri dari masyarakat Jerman dan sebagian besar belum pernah berkunjung ke Indonesia tersebut terpukau dengan kekayaan seni budaya Indonesia yang ditampilkan. Kerap kali penonton memberikan applause terhadap setiap pertunjukkan khas Indonesia yang ditampilkan. Sejumlah penonton turut menyatakan tertarik untuk lebih memahami tentang Indonesia termasuk keinginan mengunjungi Indonesia. 

Pagelaran tersebut turut dimeriahkan dengan berbagai pertunjukkan dan atraksi khas Indonesia, antara lain: bazaar makanan khas Indonesia, pameran foto, pameran batik oleh warga Jerman pencinta batik Indonesia Frau Brigitte Willach, pemutaran video seputar Indonesia, tarian tradisional Indonesia, pertunjukkan Gamelan Jawa oleh warga Jerman, dan pertunjukkan musik.
  
Kelompok gamelan Jawa Babar Layar terdiri dari 8 anggota masyarakat Jerman telah berdiri selama 28 tahun. Kelompok seni ini senantiasa mempromosikan Indonesia dan pada tahun 2016 bersama dengan beberapa kelompok musik lainnya menyusun suatu proyek kebudayaan yang disponsori oleh Kulturbüro Stadt Hannover. Sebagai puncak acara dari proyek tersebut diselenggarakanlah pagelaran budaya termasuk didalamnya pagelaran bertema 'Von Südostasien in die Südtstadt: Indonesisischer Abend'. (Sumber: KJRI Hamburg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar