Senin, 07 April 2014

Anak Jalanan Indonesia Bertanding Di Child World Cup 2014

Kamis, 03 April 2014
Tim sepakbola putra Garuda Baru dan tim sepakbola putri Garuda Baru saat ini tengah berlaga pada kompetisi Street Child World Cup (SCWC) 2014 yang diselenggarakan di Espaço Lonier, Rio de Janeiro, Brazil (28/03-06/04).

Kedua tim ini masing-masing beranggotakan 9 orang anak jalanan yang telah mengikuti proses seleksi di tujuh kota besar di Indonesia. Selain Indonesia, kegiatan ini juga diikuti oleh 18 negara lainnya.

Hingga saat ini, tim Indonesia mencatatkan prestasi yang cukup baik.  Untuk tim putra, hasil sejauh ini adalah Indonesia vs Afrika selatan 12-1, Indonesia vs Liberia 4-1 dan Indonesia vs Brazil 3-0. Sedangkan tim putri mencatat Indonesia vs Brazil 0-14. Tim putri dijadwalkan akan bertanding melawan Zimbabwe pada tanggal 2 April 2014 pukul 11.00 waktu Brazil.

Selain pertandingan sepakbola, SCWC juga diisi dengan beberapa aktivitas lainnya seperti konferensi, city tour mengunjungi Patung Kristus Penebus dan stadion Maracanã yang akan menjadi tempat berlangsungnya pertandingan final FIFA World Cup 2014, serta pertunjukan kesenian dari masing-masing negara peserta.

Tim Garuda Baru akan menampilkan tarian Indonesia dan pertunjukkan angklung. KBRI Brasilia telah memfasilitasi penyediaan angklung yang akan dimainkan oleh tim Garuda Baru sekaligus juga menyediakan angklung yang akan dibagikan sebagai souvenir kepada peserta SCWC.

SCWC kali ini adalah yang kedua kalinya setelah sebelumnya dilaksanakan di Durban, Afrika Selatan, pada tahun 2010. Bagi Indonesia, kesempatan ini adalah yang pertama kalinya berpartisipasi pada SCWC.

SCWC diharapkan dapat menjadi kampanye global untuk menghilangkan persepsi negatif terhadap jalanan serta menekankan bahwa setiap anak berhak mendapatkan perlindungan dan kesempatan yang sama. (Sumber: KBRI Brasilia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar